5 Makanan dan Minuman Terenak di Indonesia

Written By Mekhels Linxets on Sunday, November 18, 2012 | 9:24 PM

5 Makanan dan Minuman Terenak di Indonesia - Ini dia makanan dan minuman yang perlu kita banggakan dari kuliner Indonesia. Keanekaragaman budaya nusantara telah menghasilkan makanan dan minuman bercitarasa khas yang kelezatannya telah diakui dunia. Dari sekian banyak hidangan asal negeri kita, ada lima yang berhasil masuk peringkat internasional lhoo.

Tahun lalu, CNNGo merilis daftar 50 makanan dan 50 minuman terenak di dunia. Daftar ini disusun dari polling di Facebook CNNGo. Indonesia berhasil mencatatkan tiga makanan dan dua minuman di dalamnya. Apakah hidangan berikut merupakan favorit Anda juga, lihat kelima daftarnya berikut:

1. Sate
Sate berhasil menempati urutan ke-14 dari 50 makanan terenak di dunia. Daging yang dipotong-potong kecil, ditusukkan di stik bambu, dibakar, kemudian dibaluri bumbu kacang rupanya disukai oleh 727 orang pemberi vote. Sate juga dinobatkan sebagai salah satu makanan nasional Indonesia.

2. Nasi goreng
Campuran nasi yang digoreng dengan bumbu, telur, serta daging atau seafood melejit ke nomor dua. Padahal sebelumnya makanan nasional Indonesia ini tak masuk peringkat sama sekali. Di Facebook, ada 5.771 orang yang setuju bahwa nasi goreng layak jadi pemenang.

3. Rendang
Olahan daging bergaya Padang ini rupanya memikat lidah pecinta kuliner internasional. Rendang sukses mengalahkan cokelat, kebab, lasagna, dim sum, dan sushi sebagai yang terlezat sedunia. Rasanya yang pedas nikmat membuatnya meraih 8.088 vote.

4. Cendol
Warnanya hijau, berbentuk seperti buliran, dan terbuat dari tepung beras, tepung sagu, atau tepung hunkwe. Paling nikmat dicampur dengan santan, gula merah, es batu, dan potongan nangka. Hmmm... Segar dan manisnya cendol ada di peringkat 45 minuman terenak dunia versi CNNGo.

5. Es kelapa muda
Segelas es kelapa muda di cuaca terik terasa begitu menyegarkan dan menghapus dahaga. Daging kelapa muda diserut, disajikan bersama air kelapa dan sirup, serta ditambahkan es batu... Wah, nikmatnya! Di mata internasional, es kelapa muda pantas masuk ke posisi 19.
Sumber: Food Detik