7 Tips Sehat Bekerja di Depan Komputer

Bekerja di depan komputer itu belum tentu enak, dikarenakan jika kita terlalu berlebihan dengan pekerjaan tersebut bisa jadi banyak penyakit yang mendekati kita. Oleh karena itu bekerjalah secara sehat di depan komputer.

7 tips sehat bekerja di depan komputer yang perlu Anda perhatikan agar pekerjaan dan kesehatan sama-sama tidak tergangu:

1. Jaga jarak pandangan dan gunakan meja / kursi nyaman.
Terlalu dekat dengan komputer akan membahayakan mata Anda. Jika terlalu sering Anda dapat terkena rabun jauh (mata minus), pastikan jarak mata dengan monitor Anda sekitar 50-100 Cm. Jangan lupa untuk menggunakan meja dan kursi yang membuat posisi Anda nyaman agar tidak cepat lelah.

2. Gunakan LCD/LED monitor dan setting sesuai kenyamanan mata.
Sebaiknya gunakan LCD/LED monitor dan aturlah pencahayaan monitor agan agar lebih sejuk di mata. Jangan mengatur monitor agan terlalu terang karena efek silaunya dapat mempercepat kelelahan mata.

3. Periksa mata teratur, jika perlu pakailah kacamata anti radiasi.
Anda perlu memeriksa mata, jika penglihatan Anda sudah mulai kabur dan tanyakan kepada Dokter apakah Anda perlu memakai kacamata anti radiasi. Kacamata anti radiasi dapat Anda gunakan untuk mengurangi cahaya berlebih yang dapat memberi efek nyeri pada mata.

4. Perhatikan sirkulasi udara dan gunakan cahaya ruangan yang cukup.
Udara yang terlalu panas juga dapat membuat mata agan cepat kering oleh karena itu atur siklus udara yang sesuai dan sesuaikan cahaya yang cukup pada ruang kerja agan

5. Makan, minum, dan konsumsi tambahan vitamin secara teratur.
Biasanya aktifitas di depan komputer membuat kita lupa untuk makan dan minum yang pada akhirnya akan menimbulkan sakit pada perut kita (maag). Usahakan untuk selalu makan teratur pada jam istirahat. Jika perlu konsumsilah vitamin A agar menambah asupan gizi untuk mata Anda.

6. Tidur 6 – 8 jam sehari dan istirahatkan mata agan minimal 5 menit setiap jam.
Mata juga perlu istirahan, karna seharian udah melek jadi saat malam ya di istirahatin 6-8 jam. Saat Anda kerja juga jangan lupa untuk mengistirahatkan mata agan minimal 5 menit setiap jam.

7. Sediakan waktu olahraga secara teratur.
Saat pagi hari atau saat libur usahakan untuk berolahraga secara teratur agar kondosi badan tetap fit.

Mungkin 7 Tips Sehat Bekerja di Depan Komputer di atas dapat membantu Anda tetap sehat dan giat bekerja, salam SEHAT!!!