7 Tips untuk Mengontrol Nafsu Makan


Jika Anda menderita ngidam makanan yang konstan, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk memperbaiki situasi tersebut. Langkah pertama adalah untuk memastikan Anda makan dengan benar sesuai jenis metabolisme Anda. Ini akan sangat membantu Anda, jika Anda yakin bahwa sudah makan sesuai jenis metabolismenya, akan tetapi masih merasa lapar sepanjang waktu, pertimbangkanlah tips berikut:
  1. Jangan tunda makan. Anda harus makan tiga kali dalam sehari, ditambah satu makanan ringan, dan jaga jarak makan Anda sepanjang hari sehingga Anda tidak pergi lebih dari empat jam tanpa makan. Hal ini akan menjaga kadar gula darah Anda dan hormon kelaparan  akan stabil.
  2. Minum Air banyak. Ketika Anda merasa seolah-olah Anda sedang kelaparan, tuangkan segelas besar air atau mengambil sebotol soda - itu akan membantu mengatasi dorongan untuk ngemil.
  3. Tidur! Dua hormon, leptin dan ghrelin, mengatur nafsu makan kita, dan keduanya langsung dipengaruhi oleh berapa banyak tidur yang kita dapatkan. Hormon ini bekerja dalam semacam sistem "checks and balances" untuk mengontrol rasa lapar dan kenyang. Mendapatkan delapan jam waktu tidur setiap malam membantu hormon bekerja dengan baik, pada saatnya nanti akan membantu menekan nafsu makan Anda.
  4. Periksa rasa lapar Anda. Lain kali ketika Anda merasa lapar di antara waktu makan, pertimbangkanlah terakhir kali Anda makan.
  5. Pikirkan tentang apa, selain makan, yang dapat menenangkan Anda. Mengarahkan diri terhadap perasaan positif diri dan Anda akan memilih kegiatan dan perilaku yang inheren yang bertentangan dengan membenci diri sendiri atau self-destruktif.
  6. Jangan panik. Anda dapat  menurunkan berat badan. Bahkan jika Anda makan sedikit lebih dari tunjangan rencana makan kalori yang diperkirakan, Anda pun masih bisa menurunkan berat badan, hanya mungkin harus terjadi sedikit lebih lama. Latihan juga penting. Bekerja lebih keras dan lebih sering akan membantu membakar kalori ekstra Anda..
  7. Jangan menyalahkan diri sendiri! Percaya pada diri sendiri dan mencoba untuk memasukkan saran saya ke dalam hidup Anda, dan mari kita lihat bagaimana Anda melakukannya.
Yah mungkin itu sedikit saran yang bisa kami sampaikan kepada anda yang memilki masalah dalam makan, terutama yang seedang dalam keadaan diet.