Arti Dibalik Logo-Logo OS dan Browser

Written By Mekhels Linxets on Tuesday, November 27, 2012 | 8:54 PM

Logo OS dan Browser - Semua perusahaan, apapun itu, tentu memiliki logo masing-masing. Tidak terkecuali operating system, browser atau search engine yang logo-nya tentu sudah pasti akrab di mata Anda semua seperti Windows, Google, Mozilla Firefox dan sebagainya. Begitu terkenalnya logo-logo tersebut, orang sampai bisa mengetahui nama perusahaan hanya dari melihat logo.

Ternyata, di balik logo-logo ini tersimpan kisah yang cukup menarik lho! Yuk simak satu-persatu!

Microsoft Windows

Pada awalnya, jika melihat logo Windows, yang terpikir tentu gambar bendera yang melambai. Padahal, logo windows adalah gambar jendela (dalam bahasa Inggris, jendela=window). Menurut pihak Microsoft, jendela adalah sebuah kiasan yang sangat baik untuk menggambarkan teknologi komputasi karena pada dasarnya, Microsoft dan Windows ingin ‘memberikan’ teknologi ke tangan para penggunanya dan mengajak user melakukan berbagai hal dengan teknologi tersebut sesuai perspektif masing-masing user.

Google

Memang, tidak ada yang luar biasa dari logo search engine favorit banyak orang ini. Namun tahukah Anda, bahwa Google diambil dari mengutak-atik kata ‘Googol’ yang artinya angka 1 yang diikuti seratus angka 0. Logo Google sendiri terdiri dari empat warna yang merupakan warna utama, namun warna tersebut tidak digunakan sesuai urutan yang seharusnya sebagai tanda bahwa Google memiliki prinsip ‘tidak mengikuti aturan yang ada’.

Linux

Logo Linux adalah sebuah penguin yang diberi nama ‘Tux’. Tux diciptakan oleh oleh Larry Ewing dan kabarnya, Tux merupakan kepanjangan dari ‘Torvalds UniX’. Linus Torvalds, pembuat Linus Kernel, mengatakan bahwa ia memiliki kecintaan terhadap binatang penguin dan ia ingin agar logo Linux berupa penguin yang lucu dan menggemaskan lho! Jadilah penguin gemuk yang lucu ini kemudian dinobatkan sebagai logo Linux.

Mozilla Firefox

Sebenarnya ‘Firefox’ merupakan sebutan untuk binatang Red Panda, sayangnya binatang ini dirasa tidak cocok untuk menjadi image untuk Mozilla Firefox. Pada akhirnya, binatang rubah yang kemudian dipakai sebagai logo. Logo Mozilla Firefox ini dibuat dengan tujuan membuat kesan yang bagus dan mudah diingat tanpa terlihat terlalu ‘ramai

Chrome

Seperti hal-nya logo Windows, logo Chrome memiliki 4 warna dasar yang kemudian disusun menjadi bentuk bulatan dan disebut ‘Chrome Ball’. Logo yang tadinya berbentuk 3D kini berubah menjadi lingkaran biasa. Kabarnya icon baru Chrome ini merupakan gambaran dari semangat Chrome untuk membuat web yang lebih cepat, ringan dan mudah diakses untuk semua orang.
Sumber Acer Id