BlackBerry 10 Siap Menjegal Android dan iOS

Written By Mekhels Linxets on Monday, November 19, 2012 | 2:39 PM

Usai memperoleh sertifikat FIPS, BlackBerry 10 memperoleh skor yang memuaskan untuk uji peramban yang berbasis HTML 5. Melalui test Ringmark, sistem operasi teranyar besutan Research In Motion (RIM) dipastikan dapat menjalankan sejumlah aplikasi populer tanpa kendala. Mungkin Anda bertanya-tanya apa fungsi test itu, Ringmark merupakan rangkaian ujicoba untuk aplikasi peramban Anda pada mobile web - dikembangkan oleh Facebook dan menjadi Open Source pada April. HTML 5 sangat penting bagi para web developer dan mobile developer, oleh sebab itu, Facebook mencari standar untuk mengetahui apakah peramban mobile Anda mendukung sejumlah aplikasi. Demikian dilansir dari krackberry, Jumat (9/11/2012).

Kemudian setelah diuji coba, apa untungnya BB 10 lolos pada test di Ring 1? Nah, Ring 1 berkaitan mengenai apa yang dibutuhkan para pengembang untuk membuat dan memaksimalkan produksi aplikasi berbasis HTML5 - 2D game, music game, video game dan aplikasi kamera.Peramban yang terdapat di BB10 telah sukses lolos pada Ring 1, dengan begitu para pengembang dapat menyakinkan sejumlah aplikasi yang telah disebutkan di atas tidak bermasalah bila dijalankan pada platform terbaru besutan RIM itu. Yang perlu menjadi catatan, permasalahan mengenai ketersediaan aplikasi pada platform BlackBerry App nampaknya kian sirna dengan peroleh hasil ujicoba ini.

Sejumlah langkah dan catatan baik yang muncul jelang debut BB10 menunjukan bahwa RIM nampaknya memang serius untuk menelurkan platform yang memberikan pengalaman yang mumpuni bagi para penggunanya nanti. Beberapa waktu yang lalu, RIM pun telah mengirimkan perangkat BB10 ke 50 operator di seluruh dunia untuk diuji coba. Kemarin, platform BB 10 telah menerima sertifikasi Federal Information Processing Standard (FIPS) 140-2 dari National Institute of Standards and Technology. FIPS merupakan salah satu syarat minimum untuk memungkinkan produk digunakan oleh intitusi pemerintah dan industri untuk mengumpulkan, menyimpan, mentransfer, berbagi dan menyebarkan informasi sensitif. Dengan begitu, BB10 telah memperoleh keunggulan dalam hal kemanan.

Institusi-institusi pemerintah AS dan Kanada yang menggunakan smartphone besutan RIM pun tak perlu khawatir mengenai informasi sensitif yang tersimpan pada smartphone, pasalnya data tersebut dipastikan benar-benar aman dan terenkripsi di dalam perangkat. Perangkat BB10 sendiri akan meluncur pada awal tahun depan, dengan sejumlah keunggulan yang ditawarkan, patut kita lihat apakah platform anyar beserta perangkat terbaru RIM ini dapat memulihkan pesona BlackBerry yang kian tergerus "badai" produk Android dan iOS.
Sumber Iyaa.com