Java Applet dan Thread

Written By Mekhels Linxets on Monday, November 19, 2012 | 11:17 AM


Studi literature disadur dari buku Electronic Commerce 7th Annual Edition by Gerry Schneider dan E-Business and E-Commerce Management 3rd Edition by Dave Chaffey serta beberapa artikel dengan source terpercaya hasil googling, ditarik kesimpulan sebagai berikut…

Pengertian Java Applet :

Java Applet itu merupakan suatu applet menggunakan bahasa pemrograman Java yang digunakan untuk menampilkan active content. Java applet merupakan sebuah aplikasi mini, yang dibuat dengan bahasa Java yang ditanamkan ke dalam sebuah situs web sehingga dapat dijalankan di dalam browser.  Java applets ini dapat secara dinamis menambahkan beberapa fungsi kepada halaman-halaman Web yang bersifat statis,  seperti membuat formulir, menampilkan gambar bergerak dan suara, atau membuat permainan (merupakan salah satu active content pada web yang dapat membuat web tampil lebih dinamis). Akan tetapi, untuk menjalankannya sebuah komputer harus memiliki program penjelajah web yang dapat menjalankan Java, Contoh browser yang dapat menjalankan Java antara lain Microsoft Internet Explorer 4.0 ke atas, Netscape Navigator, Mozilla Firefox, dan Opera.

Sedangkan, Applet sendiri ialah suatu aplikasi yang diciptakan untuk melakukan suatu fungsi spesifik. Applet adalah sebuah program yang ditulis dengan bahasa pemrograman Java yang bisa dimasukkan pada halaman HTML, mirip seperti sebuah gambar dimasukkan dalam halaman. Ketika kita memakai teknologi Java-memungkinkan browser untuk melihat halaman yang memuat applet,  kode dari applet itu akan ditransfer ke sistem kita dan di eksekusi oleh Java Virtual Machine (JVM) browser tersebut.

Sedangkan Java language adalah bahasa pemograman yang dikembangkan oleh Sun Microsystems pada tahun 1995. Java, juga sebuah bahasa berorientasi objek yang digunakan untuk menulis program-program yang compact yang bisa di download melalui internet dan dengan segera dieksekusi pada banyak komputer.

Untuk menjalankan program Java sendiri, sebetulnya ada beberapa peraturan yang harus diikuti seperti :
  • Hanya mengakses daerah tertentu pada sistem file komputer lokal
  • Tidak menjalankan program lain pada komputer lokal
  • Dijalankan hanya pada PC yang terhubung internet
  • Hanya mengakses sistem file lokal atau melakukan pertukaran data melalui jaringan dan tidak bisa keduanya, dan tidak dapat mengakses memori dari program
Walaupun Java applet memiliki beberapa persayaratan untuk keamanan datanya, Tetap saja aplikasi ini dapat   menimbulkan ancaman bagi pengguna PC. Salah satu kemungkinannya adalah, terjadinya kesalahan pemograman yang menyebabkan port tertentu setelah digunakan java applets masih terbuka, sehingga cracker/hacker dapat memanfaatkannya dengan cara menyamarkan kode-kode berbahaya pada Java bytecode

Pada saat kita membuka suatu website yang memiliki Java Applet, secara otomatis applet tersebut akan dikirim bersamaan dengan web page yang kita buka itu. Masalahnya, terdapat dua jenis applet, yang visible alias terlihat, dan yang invisible atau tidak dapat kita lihat
Yang kedua ini berbahaya, bisa saja ada suatu virus,worm atau program perusak lain yang ikut terkirim dan kita tidak menyadari. Terlebih lagi, setelah selesai di download ke dalam komputer kita, applet tersebut akan berjalan secara otomatis. Semakin membahayakan kalau program itu merupakan program perusak.

Selain itu, kelebihan sekaligus kelemahan utama applet berbasis Java ini, dapat dibuka dalam setiap operating system yang ada, dalam kata lain platform independent. Sehingga t mampu berjalan pada browser dengan operating system yang berbeda-beda berbasis Windows, Unix, Linux maupun Macintosh. Jadi jika ada suatu program perusak yang mendompleng,dapat menyerang hampir semua operating system tersebut. Kelebihan lain yang saya tau adalah, Java lebih mementingkan keamanan data ketimbang activeX yang diciptakan mircrosoft. 

Problem  terletak pada kenyataan bahwa program yang jalan di PC biasanya punya akses tak terbatas. Jika Java Applets yang didapat dari web telah ditulis oleh orang lain, sebaiknya jangan percaya untuk dijalankan. Kecuali kita punya Java code special privilages, Java yang didownload dari internet harusnya dikategorikan “Untrusted Code”. Untuk meyakinkan bahwa untrusted code itu tidak melakukan sesuatu yang berbahaya, sangat penting untuk membatasi ruang gerak mereka.

Ternyata eh ternyata java applets selain bikin web menjadi lebih menarik, dapat jg menimbulkan ancaman… Ancaman yang paling berbahaya adalah system modification dan invasion of privacy attacks. Sebuah kode yang semua orang hindari adalah virus komputer.

Namun tidak usah khawatir, untuk menghindari virus tersebut, selain dengan menggunakan anti virus mutakhir yang selalu di update, Java security model sejauh ini telah berhasil menghalangi kemungkinan cross-platform viruses. Selain itu terdapat juga system yang dapat mencegah kerusakan, yaitu system bernama Java Sandbox.

Applet-applet berbasis Java tersebut akan dijalankan dalam suatu sandbox oleh web browser guna menghindari applet tersebut mengakss data-data lokal. Sistem keamanan sandbox akan membuat beebrapa peraturan model keamanan. Dimana sandbox akan membedakan mana yang masuk kategori Untrusted Java Applets dan mana yang merupakan Trusted Java Applets.

Applets yang berada dalam sandbox tidak dapat melakukan input serta output file, ataupun melakukan penghapusan.

Tapi jangan beranggapan bahwa Java virus adalah sesuatu yang mustahil. Celah apapun di security sandbox bisa digunakan untuk penyebaran Java virus. System modification yang menyerang melalui browser kita, bisa memodifikasi homepage dan akan memperbanyak dirinya seperti virus ke lebih banyak web page. Serangan lainnya, denial of service dan antagonism, lebih sulit untuk dihentikan.

Tidak perlu paranoid akibat ulasan bahaya yang mungkin terjadi, selama kita memiliki anti virus yang rajin di update dan memiliki system sandbox dalam web broeser kita. Lagipula Java Applets sendiri merupakan suatu program yang sangat berguna dan menarik menurut saya pribadi.

Salah satu untuk memastikan pengamanan PC adalah mendisable fungsi Java pada browser Caranya …Pilih Tools> Internet option> pilih tab Security > klik Custom Level > pada layar Security Setting contreng tuh Disable Java (Scripting juga bole lahh di contreng biar ga menimbulkan ancaman jg dari java script).

Java applet kadang perlu, seperti update harga saham pada website tertentu, tapi juga bisa berbahaya seperti memonitor penggunaan web kita (behavior kita jadi ketahuan). Jadi perlu dibuat keseimbangan, karena Java applet perlu kekuatan yang cukup untuk melakukan tugasnya, tapi harus dibatasi sehingga mereka tidak melakukan yang lebih dari seharusnya. Solusinya adalah mengontrol akses ke system resources kita secara hati-hati.
Original by Toko Elektronik Murah