Pengertian Jaringan Peer to Peer

Written By Mekhels Linxets on Tuesday, November 13, 2012 | 8:12 PM


Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi dalam jaringan, Peer to Peer masih menjadi pilihan terbaik saat ini, tujuan utama dari jaringan Peer to Peer adalah dapat berbagi file dengan orang lain yang masih terhubung dalam suatu jaringan. Sebagai mana fungsinya saat ini, jaringan Peer to Peer semakin dikembangkan dan dibuat lebih user friendly, agar pengguna dapat mendapatkan hasil yang lebih baik dan sesuai kebutuhan.

Peer to Peer (ujung ke ujung) merupakan suatu sistem yang berhubungan secara dinamis dan berpartisipasi dalam mengarahkan lalu lintas komunikasi informasi, pemrosesan, dan penugasan pembagian bandwidth secara intensif. Jaringan yang saling terhubung ini bersifat dinamis, sehingga bisa bertindak sebagai Server maupun Client, memungkinkan komunikasi dan pertukaran Resource antar Komputer secara langsung (Real Time).

Saat ini penggunaan istilah Peer to Peer telah digunakan secara luas dan seringkali disalah gunakan. Perusahaan-perusahaan baik yang besar maupun kecil saling mengaku menjadi Spesialis dalam hal tersebut dan perusahaan lainnya mencoba untuk menghasilkan uang dengan mengaku menggunakan teknologi Peer to Peer selama perusahaannya menggunakan komunikasi langsung antar pengguna.

Jaringan Peer to Peer bersifat Desentralisasi atau dalam arti kata lain tidak terpusat, sehingga memiliki keuntungan yang lebih dibandingkan dengan jaringan klien-server tradisional yang masih menggunakan Server. Jaringan Peer to Peer dapat menyeimbangkan diri secara terus menerus tanpa menambah waktu pencarian alamat tujuan dan tidak harus menggunakan suatu sumber yang terpusat. Peer to Peer hanya memanfaatkan komputer atau perangkat yang digunakan oleh pengguna, karena sumber-sumber ini selalu berjalan ke arah proporsi dari tujuan jaringan tersebut. Setiap penambahan Peers baru pada jaringan, maka akan menambah potensi yang lebih pada pemrosesan yang akhirnya akan memperkuat dan memperbesar Bandwidth pada jaringan tersebut. secara virtual mengeliminasi seluruh biaya yang berhubungan dengan infrastruktur terpusat yang besar.