Virus Bisa Di Manfaatkan Menjadi Energi Listrik

Written By Mekhels Linxets on Tuesday, November 20, 2012 | 7:16 PM

Para ilmuwan mengklaim telah mengembangkan teknik yang unik untuk memanfaatkan listrik dari bakteri yang telah diinfeksi virus untuk daya ponsel Anda.

Sebuah tim di University of California, Berkeley menggunakan virus yang dikenal sebagai bakteriofag M13 untuk menggantikan unsur-unsur beracun yang digunakan untuk mengisi ponsel.

Virus memiliki properti yang dikenal sebagai piezoelektrik, yang berarti dapat menerjemahkan energi mekanik menjadi energi listrik, Daily Mail melaporkan.

Para peneliti percaya penemuan ini bisa membuka jalan untuk ponsel yang dapat dikenakan saat Anda berjalan dan mengganti elemen piezoelektrik beracun yang telah digunakan di ponsel.

Sebagian besar mikrofon Mobile Phone adalah piezoelektrik karena mereka perlu mengkonversi energi dari gelombang suara menjadi output listrik yang dapat ditularkan dan kemudian diterjemahkan kembali ke gelombang suara di ujung telepon.

Komponen-komponen piezoelektrik terbuat dari logam berat beracun seperti timbal dan kadmium, menurut
bioengineer Seung-Wuk Lee. Bakteriofag M13 memiliki kemampuan untuk menghasilkan listrik ketika dikompresi tanpa keterlibatan bahan kimia beracun.

Lee dan rekan-rekannya menemukan bahwa virus pensil berbentuk M13 berpotensi menjadi sumber energi yang sempurna karena virus ini tidak berbahaya bagi manusia.

Hal ini juga murah dan mudah untuk dibuat, bahwa para ilmuwan bisa mendapatkan triliunan virus dari sebuah tabung berisi bakteri terinfeksi.

Untuk meningkatkan tenaga pembangkit listrik dari M13, Tim Lee melakukan sedikit perubahan kandungan asam amino dari mantel protein terluar virus dengan menambahkan empat molekul glutamat bermuatan negatif.

"Ini akan membawa banyak kegembiraan dalam segala bidang," kata Zhong Lin Wang, seorang insinyur di Institut Teknologi Georgia.

"Dengan memanfaatkan sifat-sifat biomaterial, kita dapat menemukan aplikasi yang unik di masa depan," kata Wang.
Sumber: Firstpost