5 Senapan Penembak Jitu Terbaik (Sniper)

Written By Mekhels Linxets on Sunday, December 9, 2012 | 4:51 PM

Penembak Jitu atau Sniper adalah seorang prajurit infanteri yang secara khusus terlatih untuk mempunyai kemampuan membunuh musuh secara tersembunyi dari jarak jauh dengan menggunakan senapan. Istilah ini muncul pada tahun 1770-an, pada prajurit-prajurit Kolonial Inggris di India, dari kata snipe, yaitu sejenis burung yang sangat sulit untuk didekati dan ditembak. Mereka-mereka yang mahir memburu burung ini diberi julukan "sniper".

Dalam beberapa dekade terakhir istilah sniper telah digunakan secara meluas dan tidak tepat, terutama oleh media. Istilah sniper, secara tidak tepat, digunakan untuk mendeskripsikan pelaku kriminal yang membunuh dengan menggunakan senapan laras panjang.

Fakta dari tim Sniper
  • Mereka selalu berpasangan, Penembak dan Pengamat target
  • Pengamat target menghitung jarak dan menentukan saat paling tepat menarik pelatuk dan menghitung kecepatan serta gangguan angin.
  • Penembak mengatur posisi senapan berdasar data data dari pengamat.
  • Saat tiba waktunya menarik pelatuk, pengamat akan memberitahu penembak.
  • Penembak menarik pelatuk tembakan.
  • Pengamat memastikan bahwa target telah dieliminir.
Berikut 5 senapan penembak jitu terbaik (Sniper) yang pernah digunakan bahkan mendapatkan rekor sebagai Senapan Sniper yang mampu membunuh dari jarak terjauh. 

1. Accuracy International L115A3 AWM
Inilah senapan yang digunakan Craig Harrison saat memecahkan rekor tembakan terjauh di afganistan. Senapan yang dibuat inggris ini sebenarnya "hanya" mempunyai jarak tembakan efektif sejauh 1400 meter dengan panjang laras 66 sentimeter. Namun Harrison mampu membidik target yang jaraknya lebih dari 2400 meter. Sejak november 5 tahun lalu, senapan ini menjadi senjata standar bagi penembak jitu di angkatan militer Inggris. Harga per unitnya sekitar US $34 ribu atau 327 juta rupiah.

2. Chey Tac .408 CAL
Pembuatnya Chey tac Llc. Mangklaim ini adalah "Number one sniper in the world". Dirancang oleh desainernya, John D Taylor dan William O, sebagai senapan jarak jauh. Jarak tembakan efektifnya sejauh 2000 meter dengan kecepatan peluru 3.500 meter per detik.

3. Barret M82 .50 CAL
Dirancang oleh Ronnie Barret dan diproduksi oleh American Barret Firearms Manufacturing. Barret M82 ini sangat populer dan banyak digunakan oleh pasukan khusus di dunia. Pada awal 1990 an, Amerika memesan senjata jarak jauh ini dengan jumlah yang cukup besar untuk operasi militer di negara Irak dan Kuwait. Panjang larasnya 73 sentimeter dengan jarak tembak efektif 1.800 meter. harga per unitnya sekitar US $8.900 atau 86 juta.

4. Dragunov SVD
Pertama kali dirancang oleh Evgeny Dragunov 1963 untuk menggantikan senapan Mosint Nagant di militer Uni Soviet. Pada masa perang dingin, Dragunov SVD menjadi perlengkapan senjata standar bagi para penembak jitu di negara negara yang tergabung dalam paksa warsawa. Dragunov SVD memiliki panjang laras 610 milimeter dengan jangkauan maksimum 1.300 meter.

5. Mosint - Nagant
Inilah senapan yang digunakan oleh penembak penembak jitu legendaris seperti Vasily Zaitsev, Simo "Maut Putih" Hayha, dan Ivan Sidorenko, dalam perang Dunia ke 2. Senapan ini dirancang untuk menggantikan senapan Berdan yang gagal total dalam perang Rusia - Turki pada tahun 1880 an. Pasukan Rusia yang menggunakan senapan berdan dihajar habis pasukan Turki, yang menggunakan senapan Winchester bermagasin.
*Sumber: http://edisi.harian.detik..com/?xml=Pagi&iid=71665#folio=20