6 Cara Menjaga Mobil Berwarna Hitam

Warna hitam menjadi pilihan favorit bagi sebagian orang saat membeli mobil. Ada unsur elegan dan kuat yang terpancar ketika mengendarai mobil berwarna hitam. Warna hitam dianggap netral dan bisa sesuai untuk segala suasana.

Soal perawatan pun, banyak yang berpendapat bahwa warna hitam lebih mudah. Padahal, hal tersebut salah besar karena pemilik mobil harus lebih memberikan perhatian lebih pada cat hitam dibandingkan dengan warna putih di mobil.

Oleh karena itu, berikut ini merupakan beberapa hal yang perlu diperhatikan demi menjaga kualitas cat mobil.

1. Proses Pewarnaan
Dibandingkan dengan warna lain, ada serangkaian proses yang dilakukan demi menghasilkan warna hitam yang kita kenal. Hal ini terutama saat pengamplasan badan mobil sebelum dipoles dan dicat. 

Jika ada sedikit kesalahan saat mengamplas, harus dilakukan proses ulang. Itulah salah satu alasan mengapa warna ini lebih sulit dirawat dibandingkan warna lain.

2. Mudah Kotor
Kita mungkin berpikir bahwa warna putih lebih cepat terlihat kotor dibandingkan hitam. Nah, anggapan itu sama sekali tidak benar karena hitam adalah warna yang sensitif. Apalagi jika ada banyak kotoran atau debu yang tak terlihat dan mengendap pada cat mobil tersebut. 

Orang cenderung hanya mengelapnya sebagai cara membersihkannya. Padahal tak cukup hanya dengan itu saja, setiap goresan atau endapan pada warna hitam akan sangat mengganggu keawetan cat.

3. Air Hujan
Untuk mobil bercat hitam, silahkan mencucinya secara teratur apalagi di musim hujan. Setelah terguyur hujan, biasakan untuk menyiramnya dengan air bersih dan lap hingga bersih dan tidak menyisakan air. Air hujan bisa memudarkan warna hitam pada seluruh bagian mobil.

4. Deterjen
Cucilah secara teratur menggunakan sabun khusus cuci mobil. Jangan menggunakan sembarang deterjen atau sabun cuci/shampo. Ingatlah bahwa warna hitam itu sangat sensitif sehingga mudah terpengaruh oleh bahan-bahan kimia saat digunakan untuk membasuhnya.

5. Sikat
Paling baik adalah menggunakan sikat berbulu kaku untuk membersihkan detil-detil kotoran di sela-sela badan mobil. Cara ini bisa dilakukan dengan menggunakan sikat gigi karena sangat kecil dan bisa masuk ke pori-pori mobil. Namun, berhati-hatilah saat menggunakan sikat karena batang sikat bisa menggores cat mobil.

6. Semir
Setelah mobil dicuci bersih dengan rapi, biarkanlah kering hingga beberapa waktu. Pastikan semua bagian telah dicuci sampai bersih. Selanjutnya adalah melakukan penyemiran supaya warna hitam semakin mengkilat dan tampak seperti baru. 

Gunakanlah lap bersih dan halus untuk mengusap bagian-bagian luar mobil, hingga ke detil-detil kecil di seluruh badan kendaraan.

Bagi para pemilik mobil yang masih belum terbiasa dengan perawatan intensif, warna adalah faktor yang menjadi pertimbangan utama. Selanjutnya adalah persoalan pilihan saat menentukan warna. Memang, hitam adalah warna yang kuat dan elegan, namun rawatlah baik-baik supaya tidak luntur atau kusam.
*Sumber: otosiana.com