8 Fakta dan Daya Tarik New Ninja 300

Fakta dan Daya Tarik - New Kawasaki Ninja 300 memang bisa dikatakan sebagai saudara kembar Ninja 250 2013 yang lebih dahulu lahir. Tapi tampaknya Kawasaki Ninja 300 ini dipersiapkan untuk daratan Eropa dan kemudian Amerika.

New Kawasaki Ninja 300 akan menggunakan desain body dan mesin yang sama dengan Ninja 250. Namun yang menjadi pembedanya hanyalah kapasitas mesin yang lebih besar sekitar 50cc.

Perbedaan kapasitas mesin ini hanya dikarenakan penyesuaian medan jalan tiap negara. New Ninja 250 sudah dirasa sangat cukup oleh Kawasaki untuk kawasan negara Asia terutama Indonesia.

Sebagai 'Baby Ninja', kesan modern dari tampilannya sekarang tampak tidak beda jauh dengan sang kakak, Ninja ZX6R. Tapi apa saja kelebihan dan perubahan pada New Kawasaki Ninja 300 dibanding versi Ninja 250 lawas?

1. Body
Dari sisi desain body New Ninja 300 maupun 250 terbaru ini hadir dengan tampilan desain body dan frame baru. Desain fairing baru yang sedikit lebih lebar menjadikan kesan sporty dan agresif. Kemudian menggunakan model lampu depan ganda dan bentuk taillamp yang minimalis.

Dengan panjang wheelbase 1.405mm dan tinggi tempat duduk 785mm mampu memberikan kenyamanan saat berkendara. Dari tangki bahan bakar New Ninja 300 juga memiliki bentuk yang sedikit lebih besar ketimbang Ninja 205R dan sanggup menampung bahan bakar 17 liter.

2. Handling
New Baby Ninja ini juga sebagai motor sport yang sangat menyenangkan untuk diajak touring. Bentuk stang kemudi yang lebih tinggi semi touring dan dikombinasi dengan sudut kemudi ala sport.

Dengan konsep inilah New Ninja 250 maupun Ninja 300 memiliki handling mumpuni baik penggunaan dalam kota maupun pengendaraan jarak jauh.

Menariknya lagi, New Ninja 300 yang memiliki kapasitas mesin 50cc lebih besar bobotnya tidak berbeda dengan versi New Ninja 250.  

3. Suspensi
Sedangkan suspensi dengan mengaplikasi 37 mm telescopic fork dan belakang Uni-Trak system model gas-shock dengan 5 tingkat penyetelan.

4. Kaki-kaki
Dibandingkan model lama, ukuran ban New Ninja 250 berubah. Untuk ban depan 110/70 – 17 M/C (54S) dan ban belakang 140/70 – 17 M/C (66S). Sistem rem andalkan cakram ukuran 290mm dengan kaliper twin piston untuk depan.

Sedang untuk belakang menggunakan cakram berukuran 220mm yang juga dengan kaliper twin piston. Sistem rem tersedia pilihan dengan sistem ABS juga.

Komponen ABS dibuat oleh Nissin, dan diklaim 40 persen lebih kecil dari sistem rem ABS Nissin sebelumnya. pada versi ini juga dilengkapi fitur slipper clutch dan pembatas torsi yang telah dikembangkan oleh Kawasaki racing program.

Menurut Kawasaki, berkat adanya FCC Assist dan slipper clutch ini membuat tuas kopling akan semakin ringan dan perpindahan gigi lebih halus dan cepat.

5. Knalpot
Perubahan lain yang juga penyumbang bentuk body dan karakter New Ninja 300 semakin sporty juga datang dari model knalpot barunya.

Selain itu dengan model knalpot baru ini juga menjadi penyumbang total bobot hanya 172 kg. Dengan bobot ini New Kawasaki Ninja 300 maupun New Ninja 250 diklaim 10kg lebih ringan ketimbang Honda CBR250R.

6. Speedometer
Desain panel instrument baru dengan kombinasi digital lebih informatif dan sporty. Tampilannya besar dan komplit, analog gaya tachometer, menggunakan paket instrumen baru, semua memiliki layar LCD multi-fungsi dengan berbagai fitur, termasuk pengukur bahan bakar.

Dua indikator meteran, jam dan indikator ekonomis pengendara, LED putih lampu belakang memastikan penglihatan yang jelas di malam hari.

7. Mesin
Kawasaki Ninja 300 ini juga menggunakan sistem bahan bakar injeksi. Dengan menggunakan kapasitas mesin 296cc, empat katup, Liquid-cooled parallel-twin. Performa mesin ini sanggup menghasilkan tenaga 39 hp pada 11.000 rpm dengan torsi puncak 27 Nm pada 10.000 rpm.

Dengan menggunakan silinder baru yang telah didesain ulang mampu memberikan peningkatan proses pendinginan. Dengan ruang bakar lebih besar Dan Bore and Stroke berukuran 62x49mm sanggup hasilkan kompresi sebesar 10,6:1. Kompresi mesin ini dikatakan menurun ketimbang model Ninja 250 sebelumnya yang mencapai 11,6:1

Mesin berteknologi Digital Fuel Injection dengan dual 32 mm throttle bodies inisudah tidak lagi memerlukan tuas choke. Dengan injeksi, mesin jadi lebih efisiensi dalam penggunaan bahan bakar tapi dapat menghasilkan daya yang lebih maksimal.

8. Harga
Untuk harga New Kawasaki Ninja 250 2013 di Indonesia dengan rem ABS dijual dengan harga Rp 56.900.000. Sedang untuk model tanpa rem ABS dibanderoli harga Rp 49.900.000.

Lalu New Kawasaki Ninja 300 2013 di pasarkan dengan harga US$ 5.299 atau sekitar Rp 50.994.000 untuk non ABS. Sedan untuk model rem ABS dibanderol harga US$ 5.799 atau setara dengan Rp 55.806.000

*Sumber: http://www.otosia.com/berita/8-fakta-dan-daya-tarik-new-ninja-300.html