Argyle Pink Jubilee, Pink Diamond Seharga 383 Miliar

Written By Mekhels Linxets on Monday, December 10, 2012 | 4:15 PM

Pink Diamond Seharga 383 Miliar - Berlian warna merah muda merupakan salah satu permata paling berharga di dunia. Berlian jenis itu ditemukan di Australia. Dan berlian “luar biasa” itu menurut perusahaan pertambangan raksasa Rio Tinto tercatat paling besar dari batu berharga dan langka yang pernah ditemukan di negara kaya sumber daya tersebut.
Berlian tadi diberi nama Argyle Pink Jubilee. Batu kasar berukuran besar itu ditemukan di lokasi operasi diamond pink Rio di wilayah Kimberley, Australia Barat. Untuk memotong dan mengasah berlian tadi, ungkap Rio Tinto, dibutuhkan waktu sekira 10 hari.

Perusahaan tambang tadi memproduksi 90 persen berlian merah muda yang ada di dunia dan mengakui penemuan terbaru itu adalah hal yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Argyle Pink Jubilee itu sebesar 12,76 karat dan diprediksi sanggup dijual dengan harga puluhan juta poundsterling. Tak menutup kemungkinan pula, berlian itu akan dilelang.

“Berlian langka ini menimbulkan perhatian sangat besar,” ungkap Josephine Johnson dari divisi Argyle Pink Diamonds milik Rio.

“Ini adalah berlian yang belum pernah ditemukan sebelumnya, selama 26 tahun perusahaan Argyle menggali bebatuan itu. Kami mungkin tidak akan pernah melihat berlian sejenis ini lagi,” tutur Johnson seperti dikutip Daily Mail, Rabu (23/2).

“Orang yang bisa memakai berlian pink luar biasa ini tak dipungkiri lagi tentu sangat mujur.”
Walaupun divisi tersebut tidak mau berspekulasi soal nilai jual Jubliee, Rio mengatakan berlian pink berkualitas sangat tinggi bisa mencapai harga lebih 1 juta dolar AS per karat. Ini artinya berlian tadi mungkin akan mencapai harga setidaknya 10 juta dolar.

Argyle Jubilee pink muda itu memiliki warna serupa dengan berlian Williamson Pink 24 karat yang diberikan kepada Ratu Elizabeth II dari Inggris sebagai kado perkimpoian yang kemudian dijadikan sebuah bros Cartier untuk acara kenaikan tahta sang ratu.

Williamson ditemukan di Tanzania pada tahun 1947 dan tercatat di antara berlian pink terbaik yang pernah ada. Berlian itu tercatat sebagai terbesar kesembilan di dunia.

Seorang jurubicara Rio mengatakan kepada AFP, penemuan berlian itu beberapa waktu lalu diberinama Argyle Jubilee untuk menghormati ratu Inggris yang telah lama bertahta. Ratu itu merayakan 60 tahun sejak naik tahta -- ulang tahun berlian sang ratu.

“Ini adalah tahun peringatan berlian bagi Ratu dan ada kesetaraan sebab Ratu memiliki diamond pink tunggal, yang dihadiahkan kepadanya -- The Williamson Pink -- dan dipasang pada bagian tengah bros bunga dalam tahun peringatan kenaikan tahtanya,” ujar jubir tadi.

Ketika ditanya apakah Rio menujukan berlian Argyle Jubilee pada Ratu, jubir tadi berucap: “Itu hanya mungkin jika dia berbelanja permata baru. Dia akan menghadapi banyak persaingan.”
Berlian berwarna merah muda sebelumnya diperkenalkan dalam serial Pink Panther. Film ini menceritakan sebuah permata yang bentuknya dapat menyerupai macan kumbang bila dilihat dengan cara tertentu.

Pada 2010 lalu, batu permata berwana merah muda berhasil terjual dengan harga 29 juta poundsterling Inggris atau sekira Rp383 miliar kepada seorang pria.

Pria yang dijuluki sebagai “Raja Bling” mengklaim, berlian merah muda tersebut dia beli untuk diri sendiri, dan dia langsung menyebut berliannya dengan sebutan “The Pink Graff.”