AS Larang Produk Militer Rusia ke Pentagon

Written By Mekhels Linxets on Monday, December 3, 2012 | 5:16 PM

Pentagon - Upaya AS untuk melarang kesepakatan senjata dengan eksportir senjata Rusia akan membahayakan kerjasama militer bilateral, seorang diplomat tingkat tinggi Rusia.

Senat AS meloloskan amandemen Kamis malam lalu yang melarang Pentagon dari pembelian senjata, termasuk helikopter untuk Afghanistan dari Rusia Rosoboronexport negara eksportir senjata.

Wakil Menteri Luar Negeri Sergei Ryabkov mengatakan langkah itu dapat mempengaruhi proyek helikopter dari beberapa helikopter Mi-17 senilai 171 juta dolar AS.

"Kerjasama antara Rosoboronexport dan lembaga Amerika, termasuk proyek helikopter tersebut sangat positif, dan kami tidak ingin kerusakan yang akan ditimbulkan ini dengan sikap gegabah dan fundamental berbahaya di antara beberapa senator AS," dikutip kantor berita RIA Novosti Ryabkov mengatakan.

Perubahan, disampaikan oleh Senator John Cornyn, yan menyatakan bahwa Rosoboronexport telah memfasilitasi pengiriman senjata ke Damaskus sejak awal gejolak dalam negeri di Suriah tahun lalu.

Kesepakatan itu ditandatangani oleh helikopter Angkatan Darat AS dan Rosoboronexport awal tahun ini, Ryabkov mengatakan Rusia menentang kebijakan yang mengusulkan sanksi-sanksi atau kuasi terlepas dari motif di balik itu.

Larangan penawaran pembelian helikopter Rusia ke AS akan membutuhkan perubahan undang-undang tentang anggaran pertahanan AS yang dibuat untuk tahun anggaran berikutnya. 

Konsekuensi ini diharapkan untuk melihat hanya setelah tagihan melewati prosedur legislatif yang diperlukan, kata pejabat Rusia.

Rosoboronexport, bagian dari Negara Rusia Technologies Corporation, adalah perantara lembaga negara satu-satunya yang bertanggung jawab untuk mengimpor dan mengekspor produk pertahanan dan teknologi dan jasa dual-use. Perusahaan senjata bekerja sama dengan lebih dari 70 negara.
*Sumber: http://www.wartanews.com/internasional/...as-larang-produk-militer-rusia-ke-pentagon