Cerita Di Balik Kesuksesan Manga (Komik Jepang)

Written By Mekhels Linxets on Sunday, December 9, 2012 | 3:37 PM

Cerita Di Balik Kesuksesan Manga - Seperti yang kita tahu komik Jepang memiliki banyak penggemar di seluruh dunia. Satu hal para pembaca global yang sering kali tanyakan adalah: Kenapa harus Manga? Apakah mungkin sistem orang Jepang yang membuat manga menjadi salah satu produk bermutu dibandingkan produk lainnya? Mari kita lihat di balik layar pada beberapa faktor yang membuat komik Jepang memiliki mutu yang bisa berdiri berimbang dengan novel dan film.

Salah satu alasan bagi terciptanya sebuah manga berkualitas tinggi tidak lepas dari peran yang dijalankan oleh Editor. Pada tahap pertama dalam sebuah serialisasi manga dimulai dengan mangaka dan editor yang bertemu untuk mendiskusikan cerita. Kemudian si mangaka menggambar sebuah storyboard yang disebut “name”. Pada tahap ini manga masih berupa gambaran sketsa kasar menampilkan gambar sederhana dengan dialognya. Setelah editor menyetujui draft(name), barulah pekerjaan sebenarnya dimulai. Pada tahap ini mangaka mulai memikirkan mengenai perkembangan plot dan karakter. Kalau perlu mangaka akan melakukan riset untuk ceritanya. Jika mangaka sulit mendapat ide, editor memiliki peran penting untuk memberi saran. Banyak manga yang dikerjakan mutunya meningkat karena sentuhan nasihat editor. Dari sudut pandang si mangaka, editor adalah rekan kerja yang kreatif dan teman dekat, teman curhat mengenai kekhawatiran si mangaka dan memastikan bahwa pekerjaan berlangsung lancar. Bisa dikatakan bahwa editor menyumbang sekitar 30 persen dari sebuah kesuksesan manga.

Di Jepang, editor juga bertindak sebagai penghubung antara mangaka dengan pembaca, editor kerap mengunjungi toko buku untuk mendengarkan opini pembaca secara langsung dan melakukan survey untuk mengetahui reaksi pembaca mengenai cerita yang baru diterbitkan. Seringkali hal ini menjadi masukan yang sangat mempengaruhi ke arah mana manga akan dilanjutkan. Selain itu editor juga berperan sebagai promotor, mengorganizir event pembaca, memberikan hadiah dengan tanda tangan, dan mendatangkan ide yang meningkatkan penjualan. Peran penting lainnya mengembangkan pendatang baru ataupun membimbing mangaka berbakat baru.

Storyboard

Meeting Mangaka & Editor

Faktor penting yang sangat mempengaruhi kesuksesan Manga

Sistem editorial yang unik pada majalah manga Jepang memainkan peran penting dalam membuat manga sukses secara global. Salah satu contoh bagaimana sistem ini dapat bekerja dengan baik dapat dilihat pada voting system yang diperkenalkan oleh majalah manga Shonen Jump. Setiap terbitan pada majalah Shonen Jump disertakan angket yang menanyakan voting pembaca mengenai serial favorit mereka. Kemudian editorial akan merangking berbagai serial manga berdasarkan popularitas di terbitan berikutnya, dengan urutan manga yang paling popular muncul di depan majalah. Manga yang tidak popular seringkali dihentikan berdasarkan dari hasil survey ini(jadi istilahnya seperti ditamatkan secara paksa gan ). Departemen editoral majalah lainpun juga mempunyai kekejaman yang sama. "Ketika pembaca kehilangan minat pada suatu cerita, kemungkinan besar majalah akan memberhentikan serialisasinya, tidak peduli seberapa terkenal si penulis."