Hari Ini Jokowi Bagikan Kartu Jakarta Pintar (KJP)

Written By Mekhels Linxets on Saturday, December 1, 2012 | 9:35 PM

Kartu Jokowi Pintar - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta hari ini akan membagikan Kartu Jakarta Pintar (KJP), Sabtu (1/12/2012). Rencananya, sepanjang tahun ini, lebih dari 3.000 KJP akan diberikan kepada siswa miskin setingkat SMA dari 111 sekolah (99 swasta dan 12 negeri).

Mulai pukul 08.00 pagi, KJP akan dibagikan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo di SMA Yappenda, Tanjung Priok, Jakarta Utara, untuk 1.657 siswa.

Jumlah tersebut setara dengan jumlah seluruh siswa miskin yang terdata dan berhak menerima KJP di wilayah Jakarta Utara.

Sementara siswa miskin yang terdata menerima KJP di wilayah Jakarta Timur, Jakarta Selatan, dan Jakarta Pusat akan dibagikan Jokowi setelahnya.

Jumlah siswa miskin penerima KJP di tiga wilayah ini mencapai 1.066 siswa. Berasal dari 705 siswa di Jakarta Pusat, 290 siswa di Jakarta Timur, dan 71 siswa di Jakarta Selatan.

Sisanya, sebanyak 285 kartu akan dibagikan kepada siswa di wilayah Kepulauan Seribu pada waktu yang berbeda.

Untuk diketahui, KJP merupakan salah satu program unggulan di bidang pendidikan hasil inisiasi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Kartu ini berpihak kepada peserta didik yang tidak mampu/miskin dan sumber dananya bersumber dari dana rawan putus sekolah masing-masing suku dinas pendidikan lima wilayah dan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu.

KJP diperuntukkan sebagai biaya penunjang kebutuhan personal semisal transportasi, buku, sepatu, baju, gizi, dan lain-lain. Nantinya, masing-masing siswa penerima akan memiliki KJP dalam format Kartu ATM Bank DKI dengan suntikan dana sekitar Rp 240 ribu per bulan.

Tahun ini KJP hanya dibatasi untuk siswa di jenjang pendidikan menengah (SMA/SMK). Namun, ke depan, Pemerintah DKI Jakarta tengah mengkaji untuk memberikan kartu serupa untuk siswa di jenjang pendidikan dasar (SD dan SMP).
*Sumber: http://megapolitan.kompas.com/read/2012/12/01/06563171/Hari.Ini.Jokowi.Bagikan.Kartu.Jakarta.Pintar