Kenali The New MV Agusta F4 Anda

Written By Mekhels O' Cypher on Thursday, December 27, 2012 | 8:58 PM

Kenali The New MV Agusta F4 Anda - Setelah berbulan-bulan fokus dengan pengerjaan desain, pengembangan dan pengujian, MV Agusta mendefinisi ulang karakteristik F4, dengan tujuan untuk membuat F4 menjadi sepeda motor hypersport paling maju. F4 RR memiliki solusi teknik yang paling canggih, ditingkatkan dengan berbagai keunggulan teknis dengan menawarkan performa motor yang maksimal.

F4 RR dilengkapi kontrol sasis dan kontrol mesin lewat Ride-By-Wire sistem, suspensi elektronik bermerek Ohlins serta frame titanium spesifikasi GP. Teknologi unik dan komprehensif F4 RR ini pun telah diperluas ke versi F4 R dan F4, yang juga berbagi inovasi estetika dan beberapa fungsional.

Termasuk empat peredam silincer yang lebih ringan, velg baru yang juga lebih ringan dan spoiler depan baru yang terintegrasi ke dalam fairing depan dengan DRL (Daylight Running Lights). Serta lampu belakang yang menggabungkan paduan cahaya dan teknologi. Semua dilengkapi dengan grafis dan warna terbaru.

Identitas F4 terus berlanjut dengan solusi desain baru dan fitur khas yang ada pada model ini. Sebuah sepeda motor yang telah memenangkan banyak penghargaan akan keindahan desainnya. Jika diperhatikan, seluruh bodi terkesan sensual, semua ini berkat permainan grafis dan warna dari inspirasi sang desainer.
Headlamp diapit dua paduan cahaya khas yang berada pada spoiler paling depan. Dengan begitu, aerodinamis menjadi elemen khas pada siang maupun malam hari, serta membantu untuk meningkatkan keselamatan saat berkendara di malam hari. Begitu pun dengan kehadiran lampu belakang baru yang memberikan keuntungan intensitas melalui paduan cahaya.

Untuk kaki-kaki, F4 mengaplikasi desain pelek aluminium yang lebih ringan dari tipe sebelumnya. Pada supersport ini, kita akan mendapati sistem empat knalpot yang menjadi ciri khas F4. Gas buang yang dihasilkan mesin 4 silinder canggih ini akan keluar melalui 4 silincer yang terdapat di ujung bagian bawah jok.
Mesin F4 RR diperkuat piston berdiameter 79 mm, dengan kombinasi stroke 50,9 mm, sehingga menghasilkan 14.000 RPM. Perakitan F4 sepenuhnya ditangani oleh teknisi ahli, dengan pemilihan dan pengukuran semua komponen untuk memastikan keseragaman kesempurnaan dan kinerja maksimum, yang menjadi standar produk MV Agusta.

Frame F4 RR terdiri dari dua elemen yang berbeda, yang dikembangkan MV Agusta untuk menawarkan keunggulan produknya. Bagian utama frame terbuat dari paduan baja tabung CrMo dan cor aluminium yang membentuk struktur yang kokoh. Frame baru ini lebih dioptimalkan untuk mengurangi berat badan tanpa mengorbankan kekokohannya.

F4 terbaru terintegrasi oleh Motor & Vehicle Integrated Control System (MVICS), memastikan manajemen mesin yang lebih akurat. Sistem ini memungkinkan karakteristik keselamatan pengendaranya jauh lebih baik.

Sistem pengereman pada RR F4 terdiri dari dua cakram dengan baja flensa, berdiameter 320 mm di bagian depan. Cakram ini dicengkeram Brembo Monoblok M50 terbaru. Untuk rem belakang, bertengger cakram diameter 210 mm yang didukung kaliper empat piston.

Ketiga varian MV Agusta F4 2013 ini tersedia dengan dua kombinasi warna yang tidak pernah terlihat sebelumnya. PT Moto Arte Indonesia (MAI), selaku Agen Pemegang Merek (APM) MV Agusta di Indonesia membanderol F4 RR Rp. 495 juta on the road Jakarta.
*Sumber: http://www.otosia.com/review/the-new-mv-agusta-f4-melintas-batas-imajinasi.html