Make-Up Yang Tepat Untuk Kulit Berjerawat

Make-Up - Orang-orang yang berjerawat tahu bahwa menggunakan make-up bisa menjadi sebuah dilema, disatu sisi tentunya ada rasa was-was memakai riasan akan menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat lebih banyak. Di lain sisi, keinginan menutupi dan menyembunyikan jerawat supaya tetap terlihat menarik di depan orang-orang juga teramat besar.  Oleh karena itu penting untuk menemukan make-up yang tepat untuk kulit berjerawat.

Memang benar bahwa jika  menderita jerawat, anda harus berhati-hati dengan make-up yang dikenakan. Untungnya Saat ini, ada banyak produk make-up modern untuk membantu menyembunyikan ketidaksempurnaan fisik seperti jerawat, luka bakar, dan bintik-bintik hitam di wajah. Munculnya makeup mineral merupakan hal positif dalam dunia kosmetika terutama bagi penderita jerawat, sebab make-up jenis ini dilengkapi dengan zat anti peradangan. Beberapa juga tidak mengandung zat tambahan, seperti pewarna dan pewangi. Ditambah lagi,. Beberapa makeup mineral juga memiliki efek relaksasi sehingga nyaman digunakan oleh penderita jerawat.

Sebelum membeli suatu produk, jangan lupa membaca label dengan hati-hati. Pilih kosmetik yang berbahan dasar alami dan tidak membuat alergi. anda dapat menguji makeup dengan mengoleskan sedikit saja ke titik di bawah rahang untuk melihat bagaimana kulit bereaksi. Jika dirasa ada yang tidak enak pada kulit sebaiknya urungkan niat anda membelinya.

Make-up merupakan bagian penting dari pandangan seorang wanita terhadap kehidupan. Menggunakan make-up untuk menutupi jerawat tidak sulit, tetapi ada beberapa aturan dasar yang harus selalu diikuti.

1. Awali dengan membersihkan wajah
Bersihkan wajah dengan air hangat dan sabun alami untuk mengangkat kotoran dan minyak yang menempel di wajah, lalu keringkan pelan-pelan dengan handuk atau kain yang lembut dan bersih. Ingat jangan menggosok wajah berjerawat kuat-kuat sebab akan menimbulkan luka dan menimbulkan rasa pedih.

2. Samarkan dengan concealer
Concealer ini kegunaannya untuk menyamarkan jerawat. Oleskan concealer dengan gerakan menggosok perlahan dan merata dan tidak usah terlalu tebal karena akan terlihat mengerikan ketika mengering. Setelah itu Oles sedikit foundation ke bagian wajah yang membutuhkan.

3. Sempurnakan dengan bedak
Setelah langkah diatas barulah anda gunakan bedak bubuk pada hidung, dahi dan pipi menggunakan kuas yang besar. untuk mencocokkan kecerahan di semua wajah jangan menggunakan bedak beraneka warna, cukup satu warna saja.

4. Tonjolkan dengan lipgloss
Untuk mengurangi fokus pada daerah wajah yang berjerawat anda bisa mengakalinya mengggunakan lipgloss warna terang dan berani supaya perhatian lebih besar kedaerah bibir.

Berikut ini video panduan make-up wajah berjerawat dengan judul ACNE/BLEMISH COVERING MAKE-UP yang dibuat oleh lisaeldridgedotcom. yang bisa anda coba sendiri di rumah.

Hal lain yang tak kalah penting adalah jangan pernah pergi tidur tanpa menghapus riasan lebih dahulu, karena makeup yang masih menempel akan menyumbat pori-pori.. Cuci wajah anda untuk menghilangkan riasan sesegera mungkin setelah pulang ke rumah. Disamping itu tidak disarankan mengaplikasikan make-up ketika keadaan jerawat dalam kondisi meradang.
*Sumber: http://idecara.blogspot.com/2012/09/make-up-tips-wajah-berjerawat.html