Biografi Nabi Muhammad di Terbitkan Media Prancis

Written By Mekhels O' Cypher on Thursday, January 3, 2013 | 8:09 AM

Majalah satir Perancis Charlie Hebdo yang berulang kali diserang akibat menerbitkan kartun yang menghina Nabi Muhammad, Rabu (2/1/2013), menerbitkan komik biografi Nabi Muhammad.

Editor majalah Charlie Hebdo Stephane Charbonnier mengatakan biografi berjudul "The Life of Mohammed" itu adalah buku serius yang disusun berdasarkan riset mendalam oleh seorang sosiolog Perancis berdarah Tunisia.

"Ini adalah biografi yang diizinkan Islam karena diedit oleh umat Muslim," kata Charbonnier, yang juga menjadi pelukis sampul buku itu.

"Saya kira umat Muslim yang berpikiran terbuka tak akan menganggap buku ini tidak sesuai dengan Islam," tambah Charbonnier.

Charbonnier mengatakan ide membuat buku komik biografi Nabi Muhammad ini muncul pada 2006 lalu, saat sebuah harian Denmark memuat kartun Nabi Muhammad yang memicu kemarahan umat Islam di seluruh dunia.

Majalah Charlie Hebdo sudah beberapa kali menerbitkan kartun Nabi Muhammad dengan "bersembunyi" di belakang kebebasan berbicara dan berpendapat. Berulang kali pula umat Muslim marah atas terbitan Charlie Hebdo.
Puncak kemarahan itu berujung serangan bom molotov terhadap kantor redaksi majalah itu pada 2011. Selain itu, situs resmi majalah ini juga diretas usai menerbitkan sejumlah kartun Nabi dengan judul "Charia Hebdo".

Sang editor Stephane Charbonnier bahkan mendapatkan ancaman pembunuhan. Akibatnya, Charbonnier kini harus hidup di bawah pengawasan dan perlindungan polisi.

Dewan Umat Muslim Perancis (CFCM) sebagai organisasi Islam terbesar di negeri itu meminta agar seluruh umat Islam Perancis bersikap tenang menghadapi kasus terbaru kartun Nabi Muhammad.

Kartun Nabi Muhammad yang dimuat majalah satir Charlie Hebdo menyulut kekhawatiran timbulnya masalah baru setelah film Innocence of Muslims yang berbuah kerusuhan di berbagai negara.

Ketua CFCM Mohammed Moussaoui menggambarkan, baik film maupun kartun, adalah sebuah "serangan". Namun, dia meminta Muslim Perancis tidak membalasnya dengan aksi anarki.

"Saya ulangi, CFCM mengimbau agar tidak ada unjuk rasa. Setiap unjuk rasa bisa ditunggangi dan menjadi kontraproduktif," kata Moussaoui saat diwawancarai radio RFP Perancis.

Kantor majalah Charlie Hedbo kini berada dalam penjagaan ketat polisi setelah menerbitkan edisi terbaru dengan kartun Nabi Muhammad di dalamnya.

Kartun itu sempat menimbulkan unjuk rasa kecil di Perancis. Meski demikian, Perancis terpaksa menutup 20 kantor perwakilannya di seluruh dunia karena khawatir akan adanya unjuk rasa.
*Sumber: www.rimanews.com/read/20130103/87024/media-perancis-terbitkan-biografi-nabi-muhammad