Inilah 6 Fakta Tersembunyi Tentang CEO Apple Tim Cook

Written By Mekhels O' Cypher on Sunday, January 13, 2013 | 2:31 PM

Selain mengungkap berbagai rencana dan bocoran gadget yang akan diluncurkan Apple di masa mendatang, Tim Cook, selaku CEO Apple juga sedikit banyak mengungkap sekelumit kisah mengenai kehidupan pribadinya.

Ya, selama ini Tim Cook memang cenderung lebih tertutup soal kehidupannya. Tidak banyak orang yang tahu secara pasti mengenai hal-hal tersembunyi yang ada pada diri Cook.

Namun saat berbicara dengan Kara Wisher dan Walt Mossberg, beberapa rahasia hidupnya diungkapkan dengan gamblang. Selama lebih daru dua jam interview, Tim Cook mengeluarkan beberapa fakta menarik mengenai dirinya, termasuk mengenai hubungannya dengan mendiang Steve Jobs.

Berikut ini merupakan beberapa fakta menarik mengenai seorang Tim Cook dari hasil konferensi D10 lengkap dengan beberapa fakta mencengangkan lainnya.

1. Pernah Menjadi Buruh Pabrik
Saat melakukan presentasi di acara Goldman Sachs Technology and Internet Conference, Tim Cook pernah membahas isu mengenai buruknya kondisi para buruh di Foxconn, yang merupakan supplier part terbesar Apple. Dalam satu kesempatan, Cook mengungkap ia juga pernah bekerja sebagai buruh di perusahaan kertas di Alabama dan pabrik alumuniun di Virginia.

2. Sempat Menolak Tawaran Apple Sebelum Akhirnya Ditemui Steve Jobs
Tim Cook mengaku pada awalnya menolak tawaran untuk bekerja di Apple, sebelum akhirnya Steve Jobs turun tangan dan menemuinya secara langsung.

"Steve menyewa sebuah agen pencari kerja untuk merekrut kepala operasi. Saya dihubungi mereka beberapa kali dan berkata tidak. Mereka terus menghubungi. Tapi setelah ditemui Steve Jobs dan berbicara dengannya selama lima menit, saya berubah pikiran dan langsung memutuskan untk meninggalkan perusahaan lama saya."

3. Tidak Pernah Berusaha Menjadi Pengganti Steve Jobs
Walaupun faktanya banyak orang yang membandingkan visi yang diusung dirinya dengan visi milik Steve Jobs. Tim Cook mengaku tidak pernah terganggu dengan hal tersebut, pasalnya ia sama sekali tidak berpikir untuk menjadi pengganti Steve.

"Saya tidak pernah merasa terbebani dengan mencoba menjadi Steve. Itu bukan saya dan bukan tujuan dalam hidup saya."

4. Facebook Saingan Terdekat Apple
Menurut editor senior majalah Fortune, Adam Lashinsky, Tim Cook pernah mengatakan kepadanya bahwa perusahaan yang paling mungkin menjadi seperti Apple adalah Facebook dan ia memiliki rasa hormat yang tinggi terhadap situs jejaring sosial tersebut.

5. Sering Makan Siang Bersama Karyawan
Tidak seperti Steve Jobs, Lashinsky menyebut Tim Cook lebih membumi. Cook tidak segan untuk bergabung dengan pegawai lainnya saat makan siang. Sifat ini tentu saja menjadi kebalikan dari Steve Jobs.

6. Penggemar Fitness
Masih menurut Lashinsky, selain menjadi seorang workaholic, CEO berusia 51 tahun ini juga sangat menggemari olahraga fitness. Tim Cook sangat suka aktivitas ke Gym, bersepeda dan melakukan hiking.
*Sumber: kaskus