Yahoo Kabur dari Korea, Kenapa ?

Written By Mekhels O' Cypher on Tuesday, January 1, 2013 | 4:54 PM

Perusahaan Internet Yahoo Incorporated resmi menghentikan layanannya di Korea Selatan setelah beroperasional selama lebih dari 15 tahun, demikian dilansir Kantor Berita Yonhap.

Yahoo mulai menghentikan layanan, produk, dan konten Yahoo Korea pada Senin kepada para pengguna akhirnya di negeri gingseng.

Perusahaan yang bermarkas di California AS itu telah mengumumkan rencana pengunduran diri dari Korea Selatan sejak Oktober.

Yahoo beralasan, "Upaya untuk merampingkan operasional dan memfokuskan sumberdaya kami pada pembangunan bisnis global yang lebih kuat untuk pertumbuhan dan kesuksesan jangka panjang."

Pangsa pasar Yahoo! di Korsel telah menurun seiring dengan peningkatan jumlah pengguna di beberapa perusahaan pesaingnya seperti Naver dan Daum.

"Operasional (kantor) Korea Selatan telah menghadapi tantangan pertumbuhan selama beberapa tahun terakhir yang sekarang mengakibatkan skala bisnis kami sangat sulit," sebut Yahoo! pada Oktober.

Yahoo! bukan satu-satunya perusahaan teknologi yang menundurkan diri dari Korsel karena Motorola Mobility juga berencana menutup bisnis mereka pada 2013.

Sebelumnya, produsen ponsel asal Taiwan, HTC, juga menutup diri di Korsel pada Juli 2012 setelah menghadapi penjualan yang rendah.
*Sumber: www.rimanews.com/read...pangsa-pasar-menurun-yahoo-minggat-dari-korea