Bagaimana Cara Convert .RDF ke .PDF

Written By Mekhels Linxets on Tuesday, November 13, 2012 | 1:48 PM

RDF (Report Definition) file data spreadsheet (Lembar Kerja) yang biasanya kita buat melalui Oracle Database. Jika Anda ingin berbagi data spreadsheet Anda dengan orang lain yang tidak memiliki Excel atau database Oracle, atau jika Anda ingin mendistribusikan data sedemikian rupa sehingga orang yang melihat file tersebut tidak dapat melakukan perubahan apapun untuk itu, file PDF adalah yang umum atau populer menjadi pilihan akan permasalah tersebut. Mengkonversi file RDF ke PDF hanya membutuhkan waktu  beberapa menit dengan menggunakan bantuan Microsoft Excel.

Untuk mudah melakukannya silahkan Anda ikuti langkah - langkah berikut:
  1. Buka file RDF di Oracle Database.
  2. Go to "File", "Generate to File", "Delimited". Beri nama file Anda dan Simpan pada lokasi sesuai dengan keinginan Anda.
  3. Buka Microsoft Excel
  4. Go to "File", "Open", dan pilih file yang tadi Anda simpan (Sesuai langkah 2), kemudian click "Open".
  5. Koreksi file tersebut jika diperlukan, sehingga spreadsheet Anda terlihat seperti yang Anda inginkan untuk muncul dalam file PDF Anda nantinya.
  6. Go to "File", "Save As", dan pilih "Portable Document Format (*.pdf)" dari menu "Save as Type" menu drop-down. Nama file Anda dan klik "Save".
Jika Anda tidak menemukan "Portable Document Format (*. Pdf)" sebagai pilihan pada langkah 6, Anda harus men-download Microsoft Office "Save as PDF / XPS" plugin yang terdaftar di bagian "Resources".

Semoga langkah tersebut dapat membantu Anda. Jangan lupa di LIKE dan berkomentar yah..